Jumat, 01 Februari 2019

Google Drive

  • PENGERTIAN
 Google drive adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google dan merupakan layanan untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis maupun berbayar tergantung pada jumlah kapasitas memori penyimpanan itu sendiri.
Sumber: https://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-fungsi-google-drive/ 
  • FUNGSI GOOGLE DRIVE
1.) Menyimpan DataFungsi utama dari google drive yang paling menonjol adalah untuk menyimpan file atau dokumen dan pengguna bisa mengaksesnya dimana saja baik dirumah maupun dikantor tentunya dengan terhubung pada koneksi internet.
2.) Membuat dan Mengedit dokumen
Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, google drive juga memungkinkan pengguna atau user untuk membuat lembar kerja atau spreadsheet baru dan juga mengedit data yang diakses atau dibuat dari aplikasi lainya. Google drive juga memiliki menu untuk membuat slide presentasi yang bisa diakses kapan saja.
3.)Mengakses Fitur Google lainnya
Dalam menu atau aplikasi google drive tersedia link atau tautan langsung dengan menu atau fitur google lainnya seperti gmail, google browser, google plus dan lainnya.
Video dan foto yang tersimpan dalam google drive akan secara otomatis tersimpan dalam google plus dan data yang dibuat dalam google drive juga tersimpan secara otomatis tanpa harus menyimpannya secara manual.
Sumber:  https://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-fungsi-google-drive/
  •  CARA PENGGUNAAN
 1.) Cara Login ke Google Drive
  1.  Langkah pertama yang harus di lakukan adalah kunjungi https://www.google.com/drive/.
  1.  Selanjutnya jika kita ingin langsung menggunakan aplikasi google drive,klik pada tombol Kunjungi Google Drive.
  1.  Berikutnya akan muncul tampilan halaman login dari aplikasi google drive tadi,kemudian kita isikanlah username dan password dari akun google yang kita miliki dan selanjutnya klik “Kemudian” yang terdapat pada gambar
  1.  Setelah proses Login selesai,kita akan menjumpai halaman utama dari aplikasi Google Drive yang kita miliki.
2.) Cara menyimpan file pada google drive
  • Kita dapat memulai drive dengan membuat folder baru atau mengupload (meletakkan) file dan folder dari komputer untuk disimpan ke dalam aplikasi google drive.
  • Untuk membuat Folder baru,klik pada New folder dan berilah nama folder sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Untuk mengupload file ,klik pada Upload files dan pilih file yang ingin anda letakkan dan simpan di dalam aplikasi google drive.
  • Sedangkan untuk mengupload Folder,klik Upload Folder.Cari dan pilih Folder yang berada di dalam komputer untuk diletakkan pada aplikasi google drive.
Sumber: http://itgeek.id/cara-menggunakan-google-drive/
  • CARA MEMBUAT FOLDER DI GOOGLE DRIVE
1. Buka email anda , kemudian klik ikon Aplikasi 
2. Kemudian pilih Google drive


3. Setelah google drive terbuka Klik New/baru dan pilih folder baru


4. Jangan lupa beri Nama difolder baru Anda contoh seperti contoh gambar diatas "tugas aplikom kiki"
5. Kemudian pilih Create/Buat





Sumber:http://vianykiki.blogspot.com/2017/05/cara-membuat-foder-baru-di-gogle-drive.html
  • FITUR FITUR GOOGLE DRIVE
1. Integrasi Dengan Produk Lain
Fitur Integrasi ini menjadi bagian terpenting pada Google Drive. Pasalnya fitur ini terintegrasi dengan produk google lainnya seperti Google Doc, Google Shets, Atau Google Slide. File yang sudah anda simpan pada Google Drive bisa anda edit kembagi dengan menggunakan fitur ini  tanpa harus mendownload File Tersebut.
2. Kapasitas Penyimpanan
Dengan mengimplementasikan teknologi  berbasis cloud anda mendapat Kapasitas dari Layanan Google Drive ini sebesar 15GB untuk yang free license. Sedangkan untuk Google Drive Premium anda mendapat 30GB. 
3. Sharing & Privasi Hak Akses
Kemudahan Google Drive selanjutnya adalah berbagi file. Dengan hanya menggunakan fitur sharing anda cukup memasukkan email partner anda pada isian form sharing, partner anda sudah mendapatkan file tersebut. Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan hak akses bagi orang lain, seperti hanya bisa view konten, atau bisa ikut mengedit data tersebut sehingga anda bisa berkerja team. 
Fitur Google Drive-1.png
4.  Search File
Teknologi search yang dikembangkan untuk Google Drive sangat memanjakan penggunanya. Diantaranya adalah pencarian file berdasar jenis format file yang dicari, Pemilik file, tanggal modifikasi, dan lainnya. Google juga menambahkan fitur autocorrect pada search sehingga ketika kita salah ketik fitur ini memberikan saran.
Marketing 2017   Google Drive.png
5. Fitur Penerjemah Dokumen
Fitur penerjemah dokumen ini terhubung dengan Google Translate. Anda bisa memasukkan file dokumen anda kemudian membuka file tersebut di perangkat dokumen yang tersedia di Google Drive. Kemudian klik menu Tools, setelah itu anda pilih Translate Document dan memilih bahasa dokumen yang anda inginkan.
6. Convert Pdf to Text
Fitur yang juga jarang digunakan oleh pengguna Google Drive yaitu Fitur merubah file dengan format PDF menjadi Text. Untuk bisa menggunakan fitur ini anda bisa membuka file PDF anda di Google Drive, kemudian Download As Microsoft Word. Setelah file yang didownload berformat .docx anda bisa mengeditnya.
7. Revision History
Google Drive mempunyai fitur Revision History, fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah anda edit. Revision History juga bisa melakukan restore dokumen sesuai tanggal modifikasi.
Sumber: https://blog.eikontechnology.com/5-fitur-google-drive-ini-wajib-anda-ketahui/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar